1943
Hubungi Kami

BERSEPEDA BISA PERPANJANG USIA, BENARKAH?

Tidak hanya menyehatkan, bersepeda ternyata juga bisa memperpanjang usia. Manfaat sepeda tidak hanya dirasakan mereka yang masih muda, bersepeda mampu membuat kekebalan tubuh tetap terjaga bahkan sampai di atas usia 80 tahun.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Aging Cell menyatakan, sistem kekebalan tubuh menurun sekitar 2 hingga 3 persen per tahun, setelah usia 20-an. Semakin tua manusia, semakin rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Dikutip dari Indiatimes, Selasa (13/3/2018), orang dengan usia antara 55 hingga 80 tahun, yang bersepeda secara teratur, menunjukkan tingkat sel T lebih tinggi. Sel T merupakan faktor yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sel T pada orang dari kelompok usia tadi, yang sering bersepeda, lebih tinggi dibandingkan mereka yang berusia antara 20 hingga 36 tahun, namun tidak aktif berolahraga .

Janet Lord, profesor dari Universitas Birmingham, Inggris menyatakan, penelitian ini harus menjadi motivasi agar orang-orang berolahraga.

"Penelitian kami menjadi bukti kuat untuk mendorong orang olahraga teratur sepanjang hidup mereka," kata Janet.

Testoteron Tetap Tinggi

Tidak hanya umur panjang, dalam studi tersebut ditunjukkan, bersepeda mempertahankan massa dan kekuatan otot. Tingkat lemak tubuh menjadi stabil dan kolesterol turun bagi mereka yang menginjak usia tua. Tingkat testoteron pria juga tetap tinggi.

Janet menambahkan, saat ini tidak banyak duduk merupakan suatu hal yang penting.

"Namun, temuan kami menghilangkan asumsi bahwa dengan penuaan, tubuh kita akan otomatis menjadi lemah," tambahnya.